Berburu ruang usaha laundry

Posted by ayik On 0 komentar

Ditengah persaingan Usaha laundry yang sedang maraknya, salah satu faktor strategis yang perlu diperhatikan adalah Lokasi Usaha. Istilahnya " Posisi menentukan prestasi" begitulah kira-kira. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar lokasi yang kita gunakan cukup memadai, representatif dan dapat memenuhi perkembangan usaha laundry itu sendiri. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :

  1. Menggunakan rumah sendiri atau kontrak ruang usaha, beruntunglah yang mempunyai rumah yang strategis dan dapat digunakan untuk usaha laundry sehingga mengurangi modal untuk sewa ruang usaha. Andaikan rumah pribadi kurang strategis atau kurang representatif memang perlu dipertimbangkan untuk mencari alternatif yang lebih baik.
  2. Luasan minimal adalah 20 m2 , luasan tersebut sudah diperhitungkan untuk area layanan pelanggan, area kering dan area basah. Jika kurang dari itu terlalu padat.
  3. Ketersediaan air bersih yang lancar harus terpenuhi, jika tidak akan merepotkan nantinya.
  4. Area pembuangan limbah cucian perlu diperhatikan, agar limbah cepat terbuang tidak tergenang, dan yang sangat perlu diperhatian adalah jangan sampai limbah ini mengganggu lingkungan sekitar, terutama tetangga sebelah, urusannya bisa panjang.
  5. Fasilitas listrik yang memadai baik daya maupun tegangan agar peralatan laundry tidak cepat rusak dan tentunya area yang jarang mati lampu akan lebih baik. Minimal mempunyai daya 2200 watt untuk pengembangan bisa sampai 5500 watt
  6. Diperlukan area untuk menjemur terutama untuk cucian khusus. Jangan menjemur didepan kios selain tidak enak dipandang akan merusak citra usaha laundry tersebut.
  7. Lakukan survey lokasi yang strategis, apakah dilokasi perkantoran, kampus, kost, rumah susun, perkampungan dll.
  8. Perhitungkan budjet anda, termasuk kemungkinan kenaikan biaya sewa untuk perpanng jangan sewa ruang usaha, agar cash flow anda berjalan lancar.
  9. Pastikan segala perijinan terselesaikan, agar usaha laundry yang kita jalankan tidak ada hambatan.
  10. Keamanan secara umum harus diperhatikan termasuk keamanan kendaraan pelanggan laundry, jika memungkinkan pilih yang ada area parkirnya.

Semoga artikel Berburu ruang usaha laundry bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui: